SMEKSAKER Dies Natalis ke-21

Home / Informasi / SMEKSAKER Dies Natalis ke-21
SMEKSAKER Dies Natalis ke-21

Memperingati hari ulang tahun SMK Negeri 1 Kertosono yang ke-21, Kamis (22/09) diadakan acara jalan santai yang diikuti oleh seluruh warga SMK Negeri 1 Kertosono. Acara jalan santai diawali dengan senam sehat sekitar pukul 06.15 WIB. Semua guru dan pengurus osis ikut andil dalam senam pagi ini. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari beberapa guru dan pemberangkatan jalan santai yang diawali dengan mobil polisi. Jalan santai dimulai pukul 07.30 WIB dengan start dan finish di SMK Negeri 1 Kertosono. Pada pertengahan jalan, semua peserta jalan santai diberi masing-masing satu kupon undian.

Panggung megah yang berdiri menghadap selatan menjadi pusat perhatian seluruh warga SMK Negeri 1 Kertosono. Hadiah-hadiah yang telah disiapkan bagi pemilik kupon yang beruntung tertata rapi di atas panggung. Hadiah utama event kali ini adalah lima buah sepeda (dua sepeda wanita dan tiga sepeda gunung). Demi menegakkan keadilan bersama, pengumpulan kupon dikelompokkan sesuai keputusan panitia yaitu kupon khusus putra, kupon khusus putri, serta kupon khusus guru dan karyawan.  Pengundian pemenang juga disamaratakan antara putra dan putri.

Penampilan siswa-siswi SMK Negeri 1 Kertosono semakin memeriahkan acara besar ini. Bakat bernyanyi dari beberapa siswa-siswi ditampilkan, diiringi dengan antusias warga SMK Negeri 1 Kertosono yang berjoget di depan panggung. Beberapa organisasi di SMK Negeri 1 Kertosono juga turut berpartisipasi menampilkan gerak lagu dengan penuh semangat. Bapak Ibu guru pun juga menyumbangkan suara mereka. Extra Band SMEKSAKER tidak ingin melewatkan kesempatan ini, mereka menunjukkan pesona mereka bak band ternama. Acara dilanjutkan dengan pengundian kupon yang diiringi tingkah kocak para MC. Satu-persatu hadiah mulai meninggalkan panggung, hanya sisa hadiah utama dan beberapa kartu untuk mendapat sepatu gratis. Siswa-siswi yang beruntung mendapatkan kartu tersebut harus didata identitasnya dan bisa memilih sepatu sendiri langsung ke alamat toko yang ada di kartu tersebut. Hadiah utama dibagi menjadi tiga kategori, dua untuk putra, dua untuk putri, dan satu untuk guru dan karyawan yang beruntung. Mereka yang mendapat hadiah utama juga harus didata identitasnya dan berfoto bersama perwakilan Bapak/Ibu guru, Bapak Polisi, maupun Bapak Tentara.

Kegiatan hari ini berjalan dengan kondusif dibawah awasan Bapak Polisi dan Tentara hingga berakhirnya acara pada pukul 12.30 WIB. Banyak yang kecewa dan sedih karena tidak mendapatkan hadiah. Semua membubarkan diri masing-masing meninggalkan kupon yang belum membawa keberuntungan bagi mereka, berserakan di lapangan. Seluruh pengurus OSIS, staff kebersihan dan guru-guru bekerja sama membersihkan area lapangan. Panggung megah yang menghiasi lapangan juga langsung dibongkar.

Kemeriahan Dies Natalis SMK Negeri 1 Kertosono tidak hanya berakhir pada acara jalan santai saja. Jumat (23/09), diadakan lomba menghias tumpeng untuk para siswa-siswi SMEKSAKER. Sama seperti prinsip sebelumnya, yaitu menegakkan keadilan, lomba kali ini juga dijalankan dengan sangat adil. Lomba dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pariwisata (jurusan boga/kuliner dan busana/desain) dan kelompok teknik (RPL, otomasi, listrik, dan mesin) Masing-masing kelompok diambil tiga juara terbaik. Kriteria kemenangan adalah tumpeng yang paling unik dan rasanya enak. Setiap kelas hanya bisa mengirimkan dua anak sebagai perwakilan lomba.

Lomba dimulai pada pukul 07.40 WIB dan berakhir pukul 08.40 WIB. Para peserta dimudahkan dalam lomba ini, mereka diperbolehkan untuk menyiapkan semua bahan-bahan menghias dari rumah dan langsung bisa menatanya saat perlombaan sudah dimulai. Setiap kelas juga harus menyiapkan sepiring testfood untuk Bapak/Ibu juri. Untuk lomba menghias tumpeng kali ini, peserta diberi kebebasan untuk memilih tema. Tidak harus tentang Dies Natalis, mereka juga boleh memilih tema kemerdekaan dan sebagainya.

Suasana di Aula yang notabenenya menjadi tempat perlombaan, sangat ramai. Banyak peserta yang kuwalahan, gugup, bingung, hingga berteriak-teriak mencari bahan. Bentuk dari tumpeng juga berbeda-beda. Ada yang berbentuk kerucut, gunung, tingkat, bahkan ada yang kuning dan putih. Konsep-konsep yang ditampilkan setiap kelas sangatlah menarik. Yang menjadi pusat perhatian adalah tumpeng barbie karya anak 12 Mesin 3. Ibu MC berjalan-jalan dari meja kelas satu ke kelas lainnya untuk bertanya beberapa hal. Para tim dokumentasi memotret setiap sudut perlombaan. Ada juga tim khusus yang berperan sebagain reporter berita. Peserta banyak yang mengalami kesulitan dalam menghias tumpeng. Banyak yang tumpengnya tidak bisa berdiri dengan baik, ada yang garnishnya keselip, ada yang tidak berhasil membuat tumpeng sesuai ekspetasi, ada yang kekurangan lauk, dan masih banyak lagi. Para peserta sudah membersihkan meja perlombaannya sebelum waktu perlombaan habis, kemudian meninggalkan ruangan setelah mendapat instruksi. Sebagian merasa bahagia atas hasil tumpengnya dan sebagian merasa marah karena pekerjaannya sendiri.

Semua peserta disuruh menunggu di sekitar Aula untuk menunggu juri mencicipi dan menilai hasil pekerjaan masing-masing. Setelah lama menunggu, akhirnya semua peserta diperbolehkan masuk kembali ke Aula dan bersiap mendengar pemenang lomba. Sebelum diumumkan, ada beberapa sambutan dan arahan bagaimana cara membuat tumpeng yang baik dan benar dari dewan juri. Juara perlombaan dumumkan mulai dari kelompok pariwisata kemudian dilanjut kelompok teknik. Hasil keputusan juri menyatakan bahwa juara ketiga kelompok pariwisata diraih oleh kelas 12 TBG 3, juara kedua diraih oleh kelas 10 Kuliner 1, dan juara pertama diraih oleh kelas 12 TBG 2 dengan tumpeng tingkat dengan hiasan garnish yang indah serta gapura seperti candi yang sangat cantik. Lalu juara ketiga kelompok teknik diraih oleh kelas 10 RPL 1, kemudian juara kedua diraih oleh 12 RPL 2, dan juar pertama oleh 12 Mesin 3 dengan konsep tumpeng barbienya.

Semua tumpeng boleh dibawa ke kelas masing-masing untuk tasyakuran, namun bagi pemenang harus menunggu dulu di Aula untuk dilakukannya foto bersama wali kelas dan juri. Testfood yang sudah disiapkan semua peserta juga harus ditinggal di Aula. Bagi kalian yang ingin melihat hasil karya pemenang lomba tumpeng dalam rangka memeriahkan Dies Natalis SMK Negeri 1 Kertosono yang ke-21, bisa mengunjungi laman instagram kami @smkn1.kertosono.

Leave a Reply

Your email address will not be published.