Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Home / Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Kertosono bertujuan untuk mendidik siswa dalam bidang instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan sistem tenaga listrik. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang konsep dasar listrik, penggunaan perangkat dan peralatan listrik, serta prinsip instalasi yang aman dan efisien.

Dalam Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK, siswa akan belajar berbagai konsep, keterampilan, dan praktik yang relevan dengan instalasi dan pemeliharaan sistem tenaga listrik. Berikut adalah beberapa materi yang dipelajari dalam program ini:

  1. Dasar-dasar Listrik: Pemahaman tentang prinsip dasar listrik, sirkuit listrik, tegangan, arus, dan daya listrik.
  2. Pengenalan Komponen Listrik: Memahami berbagai komponen listrik seperti kabel, sakelar (switch), stop kontak, lampu, dan perangkat perlindungan listrik.
  3. Sistem Instalasi Listrik: Pengenalan tentang jenis-jenis sistem instalasi listrik, seperti instalasi listrik rumah tangga, gedung, dan industri.
  4. Peraturan dan Standar Keselamatan Listrik: Memahami peraturan dan standar keselamatan dalam instalasi listrik, termasuk penggunaan alat pelindung diri (APD) dan prosedur keselamatan kerja.
  5. Pemasangan dan Perbaikan Instalasi Listrik: Praktik pemasangan kabel, sakelar, stop kontak, dan perangkat listrik lainnya sesuai dengan standar keselamatan dan tata letak yang benar.
  6. Penggunaan Alat dan Peralatan Listrik: Memahami dan mengoperasikan berbagai alat dan peralatan listrik yang digunakan dalam instalasi dan pemeliharaan listrik.
  7. Pengukuran Listrik: Menguasai teknik pengukuran listrik seperti pengukuran tegangan, arus, dan resistansi menggunakan alat ukur yang sesuai.
  8. Pemeliharaan Rutin dan Preventif: Memahami pentingnya pemeliharaan rutin dan preventif dalam sistem tenaga listrik untuk mencegah kerusakan dan kecelakaan.
  9. Teknik Perbaikan Darurat: Belajar teknik perbaikan darurat untuk mengatasi gangguan listrik yang mungkin terjadi, seperti konsleting atau pemadaman listrik.
  10. Keselamatan Kerja: Memahami prinsip-prinsip keselamatan kerja dalam instalasi listrik, termasuk penanganan aman terhadap listrik dan pencegahan kecelakaan kerja.
  11. Penerapan Perangkat Perlindungan Listrik: Mengenal dan memasang perangkat perlindungan listrik seperti pemutus sirkuit (MCB), perangkat pengaman tanah (RCD), dan surge protector.
  12. Penggunaan Perangkat Lunak Simulasi: Penggunaan perangkat lunak simulasi untuk memahami prinsip-prinsip instalasi listrik dan mengidentifikasi potensi masalah.
  13. Manajemen Proyek Instalasi: Memahami tahapan-tahapan manajemen proyek dalam instalasi listrik, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek.
  14. Komunikasi dan Kolaborasi: Mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam bekerja sama dengan tim instalasi atau klien.
  15. Kewirausahaan: Memahami aspek-aspek dasar kewirausahaan dalam bidang instalasi tenaga listrik, seperti manajemen usaha dan pemasaran jasa.

Dengan mempelajari berbagai materi tersebut, siswa di Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK akan siap untuk terjun langsung ke dunia kerja dalam bidang instalasi listrik, baik sebagai teknisi instalasi, pemelihara, atau wirausahawan. Mereka akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi listrik dengan aman, efisien, dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Prospek Karir Lulusan

Lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik memiliki berbagai peluang karir, seperti:

  • Teknisi Instalasi Listrik: Memasang, merawat, dan memperbaiki instalasi listrik di rumah, gedung, atau pabrik.
  • Supervisor Instalasi: Mengawasi dan mengkoordinasikan tim instalasi dalam proyek-proyek besar.
  • Teknisi Perawatan dan Perbaikan: Bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan perbaikan rutin pada instalasi listrik di berbagai tempat.
  • Penyedia Jasa Instalasi: Membuka usaha jasa instalasi listrik sendiri atau bekerja untuk perusahaan instalasi listrik.

Kerjasama dengan Industri

SMK Negeri 1 Kertosono menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terkait instalasi listrik untuk memberikan pengalaman praktis melalui program magang, kunjungan industri, dan kolaborasi proyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang praktik industri dan memperluas jaringan profesional mereka.

Dengan demikian, melalui program ini, siswa di SMK Negeri 1 Kertosono akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan untuk sukses dalam karir di bidang instalasi tenaga listrik.