Pramuka

Home / Pramuka

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Pada Tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat. Setiap tanggal 14 Agustus kita merayakan hari ulang tahun Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka kita memiliki prinsip dasar yakni iman, taqwa; peduli terhadap bangsa, sesama hidup, dan alam; dan taat pada kode kehormatan Pramuka.

Ada dua tujuan Gerakan Pramuka. Pertama, Pramuka bertujuan membentuk peserta didik untuk memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani. Kedua, kepramukaan harus mampu membentuk peserta didik agar menjadi warga Negara Pacasilais, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna (wikipedia.org).

Pramuka dilambangkan dengan Tunas Kelapa. Tunas Kelapa menandakan bahwa Pramuka harus mampu berdiri kokoh, tumbuh tinggi, kuat, memiliki banyak manfaat bagi sesama.

Ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Kertosono merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter dan keterampilan siswa. Berikut adalah deskripsi lengkap mengenai ekstrakurikuler Pramuka di sekolah ini:

Tujuan dan Manfaat:

  1. Pengembangan Karakter:
    • Disiplin: Melalui berbagai kegiatan rutin dan latihan, siswa diajarkan untuk memiliki disiplin tinggi. Kegiatan ini membantu membentuk sikap tanggung jawab dan ketepatan waktu.
    • Kemandirian: Pramuka melatih siswa untuk menjadi mandiri, mampu mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah secara mandiri.
    • Kepemimpinan: Siswa diberi kesempatan untuk memimpin kelompok dalam berbagai kegiatan, mengasah keterampilan kepemimpinan dan kemampuan mengambil keputusan.
  2. Keterampilan Sosial:
    • Kerja Sama: Berbagai kegiatan kelompok dalam Pramuka memerlukan kerja sama yang baik antaranggota, mengajarkan pentingnya komunikasi dan kolaborasi.
    • Toleransi dan Saling Menghargai: Kegiatan Pramuka mengajarkan siswa untuk bekerja dengan berbagai macam orang, menghargai perbedaan, dan mengembangkan sikap toleransi.

Kegiatan Rutin dan Khusus:

  1. Latihan Rutin:
    • Upacara dan Baris-Berbaris: Setiap minggu, siswa mengikuti upacara bendera dan latihan baris-berbaris, yang mengajarkan disiplin dan kebersamaan.
    • Tali-Temali dan Pionering: Kegiatan ini mengajarkan keterampilan teknis yang berguna, seperti membuat simpul dan membangun struktur sederhana dari tali dan bambu.
  2. Kemah dan Jambore:
    • Kemah Tahunan: Pramuka SMK Negeri 1 Kertosono mengadakan kemah tahunan yang diikuti oleh semua anggota, baik di tingkat lokal maupun nasional. Kemah ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan memperluas wawasan.
    • Jambore Nasional: Siswa yang berprestasi berkesempatan mengikuti jambore nasional, bertemu dan belajar dengan Pramuka dari seluruh Indonesia.
  3. Kegiatan Sosial:
    • Bakti Sosial: Pramuka aktif dalam kegiatan sosial seperti membersihkan lingkungan, membantu korban bencana, dan kegiatan amal lainnya, menanamkan rasa peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.
    • Penghijauan: Kegiatan penghijauan dilakukan secara rutin untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan pendidikan lingkungan kepada siswa.

Pendampingan dan Pembinaan:

Pembina Pramuka di SMK Negeri 1 Kertosono terdiri dari guru-guru yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi kepramukaan. Mereka berperan penting dalam:

  • Mengajarkan Keterampilan Teknis: Melatih siswa dalam berbagai keterampilan kepramukaan yang praktis dan berguna.
  • Memberikan Bimbingan Moral: Menyediakan bimbingan moral dan motivasi untuk membantu siswa mengaplikasikan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mendorong Partisipasi Aktif: Membuat siswa terlibat aktif dalam semua kegiatan, sehingga mereka dapat merasakan manfaat langsung dari setiap aktivitas yang dilakukan.

Dengan demikian, ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 1 Kertosono tidak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan teknis, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa secara holistik. Program ini bertujuan untuk menciptakan individu yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, serta peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar​