Laboratorium RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK Negeri 1 Kertosono berfungsi sebagai fasilitas utama untuk mendukung pembelajaran dan pelatihan di bidang pengembangan perangkat lunak dan teknologi informasi. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari laboratorium RPL:
1. Pengembangan Keterampilan Pemrograman
- Praktikum Coding: Menyediakan lingkungan untuk latihan pemrograman dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, C++, atau PHP.
- Proyek Koding: Membantu siswa dalam mengerjakan proyek perangkat lunak yang mencakup desain, pengkodean, pengujian, dan debugging.
2. Desain dan Pengembangan Aplikasi
- Desain Antarmuka Pengguna (UI/UX): Mengajarkan prinsip desain antarmuka dan pengalaman pengguna dengan menggunakan alat desain seperti Adobe XD atau Figma.
- Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile: Praktik dalam membangun aplikasi berbasis web atau mobile, termasuk front-end (HTML, CSS, JavaScript) dan back-end (database, server-side scripting).
3. Pengujian dan Debugging
- Pengujian Perangkat Lunak: Melakukan pengujian aplikasi untuk memastikan kualitas dan performa perangkat lunak melalui berbagai metode, seperti pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian fungsional.
- Debugging: Mengidentifikasi dan memperbaiki bug atau kesalahan dalam kode untuk memastikan aplikasi berjalan dengan baik.
4. Manajemen Proyek Perangkat Lunak
- Penggunaan Alat Manajemen Proyek: Mengajarkan penggunaan alat manajemen proyek perangkat lunak seperti Git, Jira, atau Trello untuk mengelola proyek perangkat lunak.
- Kolaborasi Tim: Mengembangkan keterampilan dalam bekerja dalam tim, termasuk pengelolaan versi kode dan kolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak.
5. Database dan Sistem Informasi
- Desain Database: Mempelajari cara mendesain dan mengelola database menggunakan sistem manajemen basis data seperti MySQL, PostgreSQL, atau MongoDB.
- Pengembangan Sistem Informasi: Membantu siswa dalam memahami konsep sistem informasi dan cara membangun aplikasi yang terintegrasi dengan basis data.
6. Simulasi dan Proyek Praktis
- Proyek Real-World: Mengimplementasikan proyek praktis yang mencerminkan kebutuhan dan tantangan dunia nyata dalam pengembangan perangkat lunak.
- Simulasi Lingkungan Pengembangan: Menggunakan simulasi dan skenario untuk mempersiapkan siswa menghadapi situasi yang mungkin mereka temui di industri.
7. Pengembangan Keterampilan Profesional
- Pembuatan Portofolio: Membantu siswa dalam mengembangkan portofolio proyek yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi.
- Kesiapan Kerja: Mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja dengan keterampilan yang relevan dan pengalaman praktis dalam pengembangan perangkat lunak.
8. Inovasi dan Penelitian
- Proyek Penelitian: Mendukung siswa dalam melakukan penelitian dan eksperimen untuk mengembangkan solusi baru dalam bidang teknologi informasi.
- Inovasi Teknologi: Mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan perangkat lunak dan teknologi.
Laboratorium RPL di SMK Negeri 1 Kertosono berperan penting dalam membekali siswa dengan keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam yang diperlukan untuk berkarir di bidang teknologi informasi dan pengembangan perangkat lunak. Dengan fasilitas ini, siswa dapat mengasah kemampuan teknis mereka dan mempersiapkan diri untuk tantangan di industri teknologi.