Volly

Home / Volly

Ekstrakurikuler voli di SMK Negeri 1 Kertosono adalah program yang dirancang untuk melibatkan siswa dalam olahraga voli sebagai sarana untuk pengembangan keterampilan fisik, kerjasama tim, dan kepemimpinan. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga yang menyenangkan sambil memperbaiki kemampuan mereka dalam bermain voli. Berikut adalah deskripsi lengkap tentang Ekstrakurikuler Volly di SMK Negeri 1 Kertosono:

  1. Pengajaran Teknik: Program ini mencakup pengajaran teknik dasar voli, termasuk pukulan servis, passing, setting, spike, dan blok. Siswa akan belajar teknik-teknik ini melalui latihan yang terstruktur dan dipandu oleh pelatih yang berpengalaman.
  2. Latihan Fisik: Siswa akan terlibat dalam latihan fisik yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelincahan mereka. Latihan ini mencakup latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan latihan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan atlet voli.
  3. Strategi Permainan: Selain teknik individu, siswa juga akan belajar tentang strategi permainan voli, termasuk taktik serangan, pertahanan, dan pola permainan. Mereka akan memahami pentingnya kerjasama tim dan komunikasi dalam mencapai kemenangan dalam pertandingan.
  4. Pertandingan dan Kompetisi: Siswa akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertandingan internal di antara sesama siswa di sekolah serta pertandingan eksternal melawan sekolah lain atau dalam kompetisi voli di tingkat regional atau nasional.
  5. Pembinaan Mental: Program ini juga mencakup pembinaan mental, di mana siswa diajarkan tentang disiplin, ketekunan, fokus, dan manajemen stres dalam konteks kompetisi olahraga. Mereka akan belajar bagaimana mengatasi tantangan dan merespons tekanan dengan efektif di lapangan.
  6. Pengembangan Karir: Meskipun fokus utama adalah pada pengembangan keterampilan voli, program ini juga memberikan informasi tentang peluang karir di dunia olahraga, baik sebagai atlet profesional, pelatih, atau administrator olahraga.
  7. Nilai Etika dan Sportivitas: Selain itu, ekstrakurikuler voli di SMK Negeri 1 Kertosono juga menekankan pentingnya etika dalam olahraga, termasuk sportivitas, penghargaan terhadap lawan, dan kedisiplinan dalam menjalani aturan permainan.

Partisipasi dalam Ekstrakurikuler Volly di SMK Negeri 1 Kertosono memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan olahraga mereka, memperluas jejaring sosial mereka, dan memperoleh pengalaman yang berharga dalam kompetisi dan kerjasama tim. Program ini tidak hanya menciptakan atlet yang lebih baik, tetapi juga individu yang lebih disiplin, bertanggung jawab, dan berjiwa sportif.