Seni Tari

Home / Seni Tari

SMK Negeri 1 Kertosono memiliki program ekstrakurikuler yang berfokus pada Seni Tari, sebagai bagian dari upaya untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka dalam bidang seni. Ekstrakurikuler Seni Tari di SMK Negeri 1 Kertosono ditujukan untuk memberikan pengalaman yang mendalam dalam seni pertunjukan, khususnya dalam bidang tari.

Program ekstrakurikuler ini memberikan siswa kesempatan untuk belajar dan mengasah keterampilan tari melalui berbagai aktivitas yang dirancang untuk memperluas pengetahuan mereka tentang seni tari, memperbaiki teknik tari, dan meningkatkan kreativitas mereka. Berikut adalah deskripsi lengkap tentang Ekstrakurikuler Seni Tari di SMK Negeri 1 Kertosono:

  1. Pengajaran Tari: Program ini mencakup pengajaran berbagai gaya tari, mulai dari tari tradisional hingga tari kontemporer. Siswa akan belajar gerakan dasar, teknik, ekspresi, dan pemahaman tentang makna di balik setiap gerakan tari.
  2. Latihan dan Rehearsal: Siswa akan terlibat dalam latihan rutin dan latihan khusus untuk mempersiapkan pertunjukan tari. Latihan ini mencakup pengulangan gerakan, koordinasi tim, dan penyesuaian teknik untuk memastikan kualitas tinggi dalam setiap pertunjukan.
  3. Partisipasi dalam Pertunjukan: Siswa akan memiliki kesempatan untuk tampil dalam berbagai acara sekolah, seperti peringatan hari besar, pesta sekolah, dan acara budaya. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam kompetisi tari antar-sekolah atau festival seni untuk menguji kemampuan mereka dan mendapatkan pengalaman baru.
  4. Kolaborasi Seni: Selain mempelajari tari secara mandiri, siswa juga diajak untuk berkolaborasi dengan siswa dari bidang seni lainnya, seperti musik, teater, atau seni rupa. Ini memberi mereka kesempatan untuk memperluas wawasan mereka tentang seni secara menyeluruh dan menggali potensi kolaborasi lintas disiplin.
  5. Pengembangan Kreativitas: Ekstrakurikuler ini juga menekankan pengembangan kreativitas siswa. Mereka akan didorong untuk menciptakan koreografi sendiri, memodifikasi gerakan, dan mengeksplorasi konsep-konsep baru dalam tari.
  6. Pembinaan Karir: Selain memperdalam keterampilan tari, program ini juga memberikan pengetahuan tentang industri seni pertunjukan. Siswa akan diberi informasi tentang peluang karir di bidang tari, seperti menjadi penari profesional, koreografer, atau instruktur tari.
  7. Budaya dan Tradisi Lokal: Ekstrakurikuler Seni Tari di SMK Negeri 1 Kertosono juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada budaya dan tradisi lokal melalui seni tari. Mereka akan mempelajari tarian tradisional daerah mereka dan memahami nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya.

Dengan berpartisipasi dalam Ekstrakurikuler Seni Tari di SMK Negeri 1 Kertosono, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan seni mereka, memperluas wawasan budaya, dan memperoleh pengalaman berharga yang dapat membantu mereka dalam karir masa depan mereka dalam bidang seni pertunjukan.