Masjid di SMK Negeri 1 Kertosono memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:
- Tempat Ibadah: Masjid digunakan sebagai tempat bagi siswa, guru, dan staf untuk melaksanakan ibadah shalat, terutama shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah.
- Pendidikan Agama: Masjid berfungsi sebagai pusat pendidikan agama, di mana kegiatan seperti kajian Islam, ceramah, tadarus Al-Qur’an, dan pengajaran agama Islam dilakukan.
- Pembinaan Karakter: Melalui kegiatan keagamaan, masjid membantu dalam pembinaan karakter siswa, menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan akhlak yang baik.
- Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan: Masjid digunakan untuk berbagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, seperti Rohani Islam (Rohis), yang melibatkan siswa dalam kegiatan dakwah, sosial, dan pengembangan spiritual.
- Tempat Belajar: Selain kegiatan keagamaan, masjid sering digunakan sebagai tempat belajar tambahan, baik untuk pelajaran agama maupun mata pelajaran lain, terutama saat memerlukan suasana yang tenang dan kondusif.
- Peringatan Hari Besar Islam: Masjid menjadi pusat kegiatan dalam peringatan hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra Mi’raj, dan peringatan lainnya yang melibatkan seluruh warga sekolah.
- Pembinaan Sosial dan Kebersamaan: Masjid membantu mempererat hubungan sosial dan kebersamaan antar siswa dan warga sekolah melalui kegiatan-kegiatan bersama seperti buka puasa bersama, shalat tarawih pada bulan Ramadan, dan kegiatan sosial lainnya.
- Pengembangan Keterampilan Keagamaan: Masjid menyediakan wadah bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang keagamaan, seperti menjadi imam, khatib, muadzin, dan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik.
- Ruang Kontemplasi dan Refleksi: Masjid menyediakan tempat bagi siswa dan guru untuk berdiam diri, merenung, dan mencari ketenangan batin di tengah kesibukan sekolah.
- Dukungan Psikologis dan Spiritual: Masjid juga berfungsi sebagai tempat untuk mencari dukungan psikologis dan spiritual, membantu siswa mengatasi masalah pribadi melalui pendekatan religius dan bimbingan rohani.